Day 8 : Share Something You Struggle With

life-is-beautiful-struggle

“Hidup itu di desain untuk membuatmu sakit”. Itu sepenggal kalimat yang pernah di ucapakan Nouman Ali Khan. Dan buatku, sakit itulah yang sebenarnya membuatmu struggle.

Karena hidup itu memang sudah didesign demikian, maka sebetulnya banyak hal-hal yang buat kita struggle. Aku tidak bisa kisahkan semuanya, disini mungkin aku hanya akan sedikit bercerita tentang sesuatu yang buat aku berjuang keras mewujudkan sebuah impian. Itu adalah saat dimana aku masih berumur 14 tahun.

Yaa… Saat itu aku berhasil lulus SMP dengan prestasi yang gemilang. Semangat menggebu gebu untuk meraih mimpi-mimpi amat besar dalam jiwaku saat itu. Aku berharap dengan apa yang sudah aku perjuangkan siang dan malam itu mampu sedikit meluluhkan hati orang tuaku untuk melanjutkan sekolah SMA.

Well, aku benar2 terkena dampak adanya sinetron-sinetron remaja aneh yang ditayangkan di TV waktu itu. Bapakku jadi parno melihat pergaulan anak SMA. Takut anaknya kenapa napa dan terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Beliau bersikeras agar aku tidak perlu melanjutkan sekolah SMA selepas aku kuliah.

Aku bisa gila waktu itu, karena pada dasarnya aku ingin sekali melanjutkan sekolah, kuliah, dan menjadi orang sebagaimana impianku waktu itu. Tapi disisi lain aku tidak mau dianggap sebagai anak durhaka. Aku memutar otak mencari cara. Sampai aku menangis, merengek, marah tapi tetap saja beliau tidak bergeming. Aku sudah bekerja keras waktu belajar siang dan malam serta tidak berbuat macam-macam, aku menjadi putri yang baik sebagaimana yang aku bisa dan berharap memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa aku bisa tidak macam2 jika aku melanjutkan sekolah.

Singkat cerita, karena sebetulnya ibuku mendukung kemauanku. Akhirnya entah dengan cara apa ibu bicara, Bapak mengizinkanku melanjutkan sekolah dengan berbagai macam persyaratan ini dan itu. Sampai akhirnya aku pun berhasil meraih prestasi-prestasi gemilang di SMA, kemudian lulus dan melanjutkan kuliah di universitas yang diidam2 kan banyak orang. Aku bangga dengan apa yang telah aku perjuangkan saat aku masih berumur 14 tahun. Aku bangga dengan apa yang kudapat sekarang.

Cerita ini jangan dianggap sebagai cerita durhaka dan tak mau menurut orang tua ya. Tapi cerita ini adalah cerita bagaimana seseorang memperjuangkan mimpinya (well, meski aku ga ceritain tentang bagaimana aku berjuang). Tapi intinya aku ingin berbagi bahwa apa yang kita impikan harus kita perjuangkan. Meski sakit, bercucuran air mata, bahkan berdarah-darah. Kuncinya bekerja keras dan berdoa. Kan Allah knows the best buat kita.

2 thoughts on “Day 8 : Share Something You Struggle With

Leave a Reply

