Day 6. When I Should Spend My Time in Silence

Saat kita sakit, mulut kita serasa berat untuk sekedar bicara. Karena lidah tak nyaman, karena kelu, karena tidak bersemangat, dan mungkin rasa-rasa tidak nyaman lainnya. Dan saat itu kita terpaksa harus bersikap diam. Buat aku sebetulnya banyak hal yang bsia kita lakukan saat keadaan kita kurang mendukung untuk banyak bicara. Aku bisa menghabiskan waktu dengan membaca, surfing the internet, nonton TV, atau tidur. Tentunya semua kegiatan itu dibarengi dengan dzikir kepada Allah SWT (weiissss, kece banged gueh. Enggak sih sebenernya ini masih belajar banged nih buat kaya gini. Belum sepenuhnya bisa selalu seperti itu. Yaaah ini advice aja buat aku ataupun pembaca bahwa dalam keadaaan apapun kita harus tetep inget Allah dengan berdzikir kepada-Nya). Barangkali kan itu sakit yang kita rasain untuk terakhir kalinya. Terus habis itu nyawa kita diambil bagaimana?

Eh jadi keinget sama tausiahnya Ustadz Khalid Basalamah, beliau bercerita bahwa sebetulnya ada amalan kecil yang bisa kita lakukan dalam satu menit dimana amalan itu mampu membuat timbangan amal kebaikan kita di akhirat nanti jadi berat (bisa cek di youtube https://www.youtube.com/watch?v=TDT-n9YiYhg). Ialah itu dengan berdzikir. Lets count. Dalam satu menit kita bisa bilang “Astaghfirullah” dapat itu 70 – 100 kali. Nah satu kali ucapan istighfar bisa menghapus dosa selama 70 tahun. bagaimana dengan 70 istighfar? 100 istighfar?

Kemudian nabi pernah bersabda, “Terdapat dua kalimat yang ringan di lidah namun berat timbangan pada hari kiamat dan mendapatkan cinta Allah. Ialah subhanallah wabihamdih, subhanallahil ‘adzim”. Terus juga baca harta karun-nya syurga. Ialah lahaula wala quwwata illa billah. Dst.

Sudahlah mungkin itu saja yang bisa saya elaborate. Spending time in the silence. The best  things we can do is DZIKRULLAH. Baik saat kita lagi sakit dan gabisa banyak bicara, ataupun saat kita menunggui orang sakit dan kita tdak mungkin banyak bicara. Sekali lagi DZIKRULLAH. Mengingat Allah. Semoga bisa diaplikasikan oleh saya maupun para pembaca aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s