Day 11 : Something You Always Think “What If” about

Image result for animasi muslimah ibu dan anak

Pict from http://katakata.me/gambar-kartun-islami.html

Aiiih, kenapa tema hari ini berandai-andai. Eh kata ustadz kita ga boleh berandai-andai. Seakan-akan kita itu ga syukur sama keadaan kita sekarang. itu kalau berandai-andai nya berandai-andai tentang masa lalu. Kalau berandai-andai untuk masa depan, mungkijn malah jadi trigger buat semangat ngegapai andaian itu.

Tema ini menarik sebetulnya, mari kita coba bungkus andaian-andaian itu menjadi sesuatu yang positif. Let’s try to write something “What If…”

What if I am be a doctor?

Hehehe ketahuan yak kalo ane sebetulnya cita-cita jadi dokter, tapi apalah daya takdir membawaku ke teknik fisika. Ahay ada hikmahnya juga, kalau aku jadi dokter bisa jadi aku ga bakal ketemu sama suami aku. Pasanya karena kebetulan dulunya kami satu jurusan. Ketemu deh disana. Hehe. kalo aku ga ketemu sama dia, hidupku ga bakal jadi sebahagia ini sekarang. 🙂 Oh My God. Thanks God!

What if I am very very a rich person?

Yang jelas duit aku bakal aku kasih ke orang2 Palestine yang sedang berjuang. Karena sejauh ini aku hidup aku belum bisa bantu banyak buat mereka. Bantu perang juga ga mungkin kan? Bantu uang? ya tahu sendiri orang yang baru kerja 1,5 tahun gajinya berapa sih. Mau nyumbang pun ga berimbas banyak sebetulnya. Ya sejauh ini hanya bsia bantu doa. Semangat ya saudara2 ku disana.

What if I study in Europe to get Master?

Aaaaaaarrrgh, mau dongs dongs dongs! aku nya bakal seneng banged dan bakal manfaatin setiap detik aku hidup disana dengan belajar dan belajar. Baik belajar mata pelajaran maupun belajar tentang kehidupan. God please please let me get it.

What if I am Mother of 7 children?

Hahahahaha, dulu sih sebelum nikah ngayal punya anak 7. Yang solih solih dan solihah solihah. Hidup rukun damai sentosa indah. Bakti sama orang tua dan bermanfaat untuk umat. Sekarang baru ngerasain trimester awal anak pertama. Hmmm lets see apakah setelah si bocil lahir nanti aku masih punya khayalan anak 7? Semoga masih ada. Aamiin. Karena nabi bahagia jika jumlah umatnya banyak. Semoga aku bisa menyumbang jumlah banyak itu tentu saja dengan sosok-sosok yang berkualitas dan membawa perubahan besar untuk umat. Aamiin

Advertisements

Day 10 : Write About Something for Which You Feel Strongly

Pyuhf, nulis istiqomah itu emang susah. Susah banged. apalagi macam aku ini. Ibu rumah tangga baru. Ya kerja, ya masak, ya ngurus rumah, ya ngurus suami, ya nulis. Hehe alasan aja kayanya nih.

Well, hari ini temanya apa yang menjadi concern kamu. Tema ini ngingetin banged sama yang namanya negara Palestine. Tau kan pembantaian umat muslim yang ngehits banged hingga sekarang ini. Jaman emang udah ga karuan bentuknya. Belum selesai masalah Palestine, muncul Rohingya, Alleppo, dan masih banyak lagi yang mungkin ga diberitakan di media.

Merasa kasihan sama mereka? Oh No! kitanya biasanya gitu sih ya kasihan. Tapi orang2 Palestine tuh ga mau dikasihani. Malah suatu hari seorang dari Palestine datang ke Majid Nurul Ashri, Jogaja. Ngimamin sholat tarawih apa ya waktu itu pas Ramadhan. Dia bilang, kalian ga perlu mengkasihani kita. Yang perlu dikasihani adalah bangsa kalian sendiri. Kita disana justru selalu bersyukur karena balasan atas apa yang kami perjuangkan adalah syurga.

Ketche banged deh orang Palestine. Dan betul banged, yang perlu dikasihani sekarang emang negara kita sendiri. Udah ga karuan bentuknya ini negara juga, mayoritas penduduk muslim tapi belum bisa jadi negara teladan muslim. Orang islam ngaku muslim tapi membela penista agama. Orang islam ngaku beriman tapi korupsi, berjudi, dst. mari renungkan sejenak dan berdoa untuk negara kita Indoensia tercinta.

Day 9 : Post Some Words of Wisdom That Speak To You

Sudah masuk hari ke-9 nih. Aduh aku ngutang banyak banged tulisan nya. Dan weekend gini emang paling cucok buat ngerapel semuanya. hehe 😀

Kalimat bijak yang pernah aku dapet dan ngena banged sampai sekarang,

Semua aktivitas yg kita lakukan selama 24 jam itu adalah sarana mengisi waktu sambil menunggu tibanya waktu sholat

Nah kalimat itu pertama kali aku denger dari nasihat suami aku tercinta pas jaman aku lagi males2 an sholat apa ya waktu itu. hahahaha Nah loh jadi ga bener sebetulnya kalo adzan udah berkumandang tapi kitanya masih nanggung buat ngerjain ini itu dll (refleksi buat diri sendiri juga nih). Hadeeeh. Waktu si muadzin melantunkan suara merdunya, kamu harus segera bersiap2 wudhu dan menunaikan ibadah sholat. Kerjaan apapun tinggalin dulu nah. Ketemu dulu sama Allah. ^^ Barangkali habis ngadu sama Allah terus kerjaan kamu dipermudah dan efektif jadi cepet selesai. Nah kan! Yang bapak bapak mas mas kakung kakung pada ke mesjid sholat jamaah. Nah yang ibu ibu putri putri nenek nenek pada buru ambil wudu terus sholat di awal waktu. Karena kalo kata ustadz yang suka ngisi kajian di kantor aku nih bilang,

Keutamaan sholat wanita itu adalah di awal waktu, sedang keutamaan sholat laki-laki adalah berjama’ah di masjid. 

Terus suatu hari kami ngundang juga ustadz ketjce ke kantor kami suatu hari sembari makan siang bersama gratis satu kantor. Dalam penuturan beliau, beliau banyak menyinggung tentang sholat juga. Poin yang paling aku inget adalah,

Sholat itu adalah shilah dengan Allah

You know what is shilah? shilah means silaturahim. Yang namanya silaturahim itu bukan saat kita ketemu terus pisah terus udah. Tapi ketika kamu masih inget dengan seseorang meskipun kita nya udah ga bareng sama dia. Artinya masih suka kirim sms misal, telp misal. dst. Pun juga dengan sholat, kata ustadz itu sholat adalah shilah dengan Allah, artinya meskipun kita udah selesai sholat dan melakukan aktivitas yang lain, kita tetep tuh yang namanya inget terus sama Allah. Sehingga tidak mungkin kita berbuat sesuatu yang tidak disukai Allah! lawong masih inget sama Allah, pasti ingat juga kan kalo kita selalu diawasi sama Allah.

Itu deh beberapa some words of wisdom yang ngena banged di hati aku.

Ingat! Sholat adalah amalan pertama kali yang akan dihisab di hari akhir nanti. Jika sholatnya bagus, maka semua amalan dianggap bagus. begitu sebaliknya.

Day 8 : Share Something You Struggle With

life-is-beautiful-struggle

“Hidup itu di desain untuk membuatmu sakit”. Itu sepenggal kalimat yang pernah di ucapakan Nouman Ali Khan. Dan buatku, sakit itulah yang sebenarnya membuatmu struggle.

Karena hidup itu memang sudah didesign demikian, maka sebetulnya banyak hal-hal yang buat kita struggle. Aku tidak bisa kisahkan semuanya, disini mungkin aku hanya akan sedikit bercerita tentang sesuatu yang buat aku berjuang keras mewujudkan sebuah impian. Itu adalah saat dimana aku masih berumur 14 tahun.

Yaa… Saat itu aku berhasil lulus SMP dengan prestasi yang gemilang. Semangat menggebu gebu untuk meraih mimpi-mimpi amat besar dalam jiwaku saat itu. Aku berharap dengan apa yang sudah aku perjuangkan siang dan malam itu mampu sedikit meluluhkan hati orang tuaku untuk melanjutkan sekolah SMA.

Well, aku benar2 terkena dampak adanya sinetron-sinetron remaja aneh yang ditayangkan di TV waktu itu. Bapakku jadi parno melihat pergaulan anak SMA. Takut anaknya kenapa napa dan terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Beliau bersikeras agar aku tidak perlu melanjutkan sekolah SMA selepas aku kuliah.

Aku bisa gila waktu itu, karena pada dasarnya aku ingin sekali melanjutkan sekolah, kuliah, dan menjadi orang sebagaimana impianku waktu itu. Tapi disisi lain aku tidak mau dianggap sebagai anak durhaka. Aku memutar otak mencari cara. Sampai aku menangis, merengek, marah tapi tetap saja beliau tidak bergeming. Aku sudah bekerja keras waktu belajar siang dan malam serta tidak berbuat macam-macam, aku menjadi putri yang baik sebagaimana yang aku bisa dan berharap memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa aku bisa tidak macam2 jika aku melanjutkan sekolah.

Singkat cerita, karena sebetulnya ibuku mendukung kemauanku. Akhirnya entah dengan cara apa ibu bicara, Bapak mengizinkanku melanjutkan sekolah dengan berbagai macam persyaratan ini dan itu. Sampai akhirnya aku pun berhasil meraih prestasi-prestasi gemilang di SMA, kemudian lulus dan melanjutkan kuliah di universitas yang diidam2 kan banyak orang. Aku bangga dengan apa yang telah aku perjuangkan saat aku masih berumur 14 tahun. Aku bangga dengan apa yang kudapat sekarang.

Cerita ini jangan dianggap sebagai cerita durhaka dan tak mau menurut orang tua ya. Tapi cerita ini adalah cerita bagaimana seseorang memperjuangkan mimpinya (well, meski aku ga ceritain tentang bagaimana aku berjuang). Tapi intinya aku ingin berbagi bahwa apa yang kita impikan harus kita perjuangkan. Meski sakit, bercucuran air mata, bahkan berdarah-darah. Kuncinya bekerja keras dan berdoa. Kan Allah knows the best buat kita.

Day 7 : List 10 Songs That You’re Loving Right Now

Semenjak kerja udah jarang banged yang namanya ngedengerin lagu, jadi agak susah nih nyebutin lagu2 yang aku suka sekarang. Harus 10 lagi, Aduh. Apa ya?? (coba mengingat ingat dengan serius. Mmmm)
Ahaaa !!! (bangkit dari meja dan langsung ting ada gambar lampu di sebelah kepala)
Ah iya aku jadi ingat beberapa lagu, mungkin aku bisa sebutin beberapa. See these below,

One. Karena kamu cuma satu by Naif
Lagu ini adalah lagu yang sering banged dinyanyiin sama suami aku. Basicnya dia tuh penggemar lagu2 Naif. Salah satunya ini. Dan kalau pas dia udah nyanyi gitu rasanya meleleh,
“Kau yang paling setia, Kau yang teristimewa, Kau yang aku cinta, Cuma engkau saja, Dari semua pria aku yang juara, Dari semua wanita kau yang paling sejiwa…”

Two. Tersenyumlah by Naif
Kalo aku sedih, aku suka rekaman suamiku yang lagi nyanyiin lagu ini. meski tidak 100% mengobati. Tapi lagu itu menenangkan sekali.

Three. Allah turunkan rahmat quran by Hadad Alwi dan Sulis
Sebenernya ini adalah doa khotmil quran yang di lagukan dan ditambahi dengan lirik bahasa indonesia dan juga bahasa inggris. Aku suka banged lagu ini. Bikin adem. 🙂

Four. Setialah sahabat by Hawari
Pada ga tau kan lagu ini?? jarang sih yang tau, tapi sumpah cari deh lagu ini asik banged buat didengerin.
“Setialah sahabat, Aku tak sempurna seperti nabiyallah nabi Muhammad, aku tak setaqwa nabiyallah Ibrahim, aku tak setampan nabiyallah nabi Yusuf, aku tak semulia nabiyallah ismail… ”
Duh ces banged kan lagunya.

Five. 7 Surga by Edcoustic
Lagu ini juga bikin kita instrospeksi banged, bahwa kita tuh hamba Allah yang kecil ga ada apa apanya, amalan kita ga seberapa, tapi dosa kita menggunung. Jadi 7 surga-Nya Allah ga pantes deh buat hamba macam saya. Gitu inti lagu ini.

Six. For The Rest Of My Life by Maherzein
Lagu Maherzein emang bagus bagus, tapi yang paling aku suka ini nih, yang judulnya For The Rest Of my Life. lagu ini mengisahkan tentang kebersyukurannya seseorang kepada Allah karena udah dipertemukan dengan seseorang untuk menjadi pendampingnya, dan pendampingnya itu yang the best banged lah buat dia. Ini nih lagu cocok banged buat aku sekarang. wkwkwkwk. Dasar baper pengantin baru !!

Seven. Sebelum Cahaya by Letto
Lagu letto sebenernya adalah lagu2 religi. Tapi dikemas dengan menarik dan nada nya itu nada pop gitu lho, yang kaya anak muda jaman sekarang. Jadi ga ngebosenin dan cocok banged buat kita2. Tapi kalau ditelusuri lebih dalam, sebetulnya lagu2 Letto ini dalem banged maknanya. Religi banged. Yang mngingatkan kita tentang Tuhan, ibadah, sholat tahajud, dll. Coba deh yang belum pernah ngehayati lagu2nya Letto. Check it out, terutama yang Sebelum cahaya, aduh aku suka banged.

Eight. Dhuha by Sharul Gunawan
Dhuha nya Shahrul Gunawan ini ngejiplak banged sama doa sholat dhuha. Yang sering sholat dhuha dan berdoa pasti familiar banged dong sama lagu ini.
“Ku berdoa.. dalam dhuha.. bila masih dilangit engkau turunkan, bila di dalam bumi engkau keluarkan, Bila masih jauh engkau dekatkan, bila masih sulit engkau mudahkan, bila masih haram engkau sucikan, …”

Nine. Story of My Life nya One Direction
Sebenernya aku suka sama semua lagu lagu One Direction, tapi lagu yang satu ini aku suka banged karena video klip nya kreatif.

Ten. Truely, Madly, Deeply nya One Direction

Lagu One D yang ini juga aku suka banged, maknanya dalem.
“Truly madly deeply I am foolishly completely falling… with you”
Gitu deh kira2 sepenggal liriknya One D. bagus kan? Iya lah bilang aja bagus. Eh tapi emang bagus loh, lirik lagu menyentuh buat dinyanyiin ke pasangan halal kita #ceileh.

Day 6 : Five Ways To Win Your Heart

Image result for pasangan muslim romantis

(pict from http://abekun23.blogspot.co.id/)

Eng ing eng…

Tema hari ini lucu. Hihihi. Pasalnya sebenernya hati aku udah ada yang menangin, kan udah nikah sekarang hehehe 😀 (yang jomblo jangan baper ya). Nah karena status aku udah kelewat nih tapi mungkin aku coba untuk paparkan disini tentang beberapa poin yang bisa buat hati aku klepek-klepek. Ini nanti yang wajib baca cuma suami aku deh! Kayanya sampai sekarang ini suami aku ga tau apa-apa saja yang bisa buat hati aku  bisa dimenangin, lawong dulu pas mau nikah main tembak aja terus langsung jadi, ga sempet pake acara usaha-usaha cari cara buat hati aku takluk. wkwkwkwk 😀

Oke kita mulai, lima hal untuk bisa memenangkan hati saya.

Satu. Romantis

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), romantis itu bersifat mesra dan mengasyikkan. Detailnya banyak hal sih sebetulnya, tergantung dari masing-masing orang mau menyebutkan hal2 seperti apa yang menurutnya mesra, mengasyikan dan membahagiakan. Nah kalau buat aku romantis itu saat si dia mengusap rambut aku, memegang tangan aku erat pas jalan2, hujan2an bareng, memeluk dari belakang pas lagi masak/ nyuci piring, menyisir dan mengikat rambut aku, memainkan gitar sambil nyanyiin lagu buat aku, menghibur kalau aku lagi sedih, memakaikanku sepatu atau mengikatkan talinya, merapihkan jilbab aku, memandang aku lekat-lekat, senyum mesra sambil ngelihatin aku, dll. Ah hal hal sepele itu yang kadang laki-laki tidak tahu bahwa itu adalah hal terindah yang wanita idam-idamkan, yang buat dia sangat bahagia, dan semakin mencintai pasangannya. hayooo para lelaki calon dan para suami! perhatiin itu tuh. Biar hubungan kalian awet. hihihi.

Dua. Penyantun

Gak banged deh sama orang yang pelit. Apalagi laki-laki. Laki-laki kok pelit, ke laut aja deh lu. Aku suka banged sama orang yang penyantun, mneyantuni anak yatim, menyantuni orang miskin, menyantuni pedangang kecil, dll. Aku juga suka sama orang yang dermawan, dan mengasihi semua orang bahkan makhluk hidup lainnya. Kaya suami aku nih, dia sayang banged sm kucing, masyaallah padahal kucing itu punya kuku tajam, punya taring, bulunya menggelikan, dan kadang buang kotoran sembarang. Anyway meski aku ga begitu suka dan sebel sama kucing, tapi kalo liat doi lagi merhatiin kucing, rasanya ayem banged, karena aku tahu, kucing aja diperhatiin, masak aku enggak?  hahahaha (ngarep).

Tiga. Bertanggung jawab 

Orang yang bisa banged menangin hati aku adalah orang yang punya tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap apa yang menjadi kewajibannya. Baik tanggung jawab terhadap Allah sebagai Tuhannya, maupun tanggung jawab terhadap istri, anak-anaknya, keluarganya, masyarakat di sekitarnya, dan juga lingkungannya. Itulah laki-laki sejati.

Empat. Menyayangi Ibu, Bapak, dan adik2 nya

Seseorang yang sayang sama ibunya, bapaknya, dan juga adik2 nya menurut aku adalah orang yang keren dan setia. Artinya kalau ibu, bapak, dan adik2 nya saja disayangi, masa kita pasangannyasendiri ga disayangi sih? Pasti lebih dong :D. Dan lagi orang yang begini sepertinya orang yang setia, kenapa karena kalau dia berbuat macam2, dia tidak hanya memikirkan pasangannya, tapi juga memikirkan ibu, bapak dan keluarga besarnya. Setuju?

Lima. Selalu berusaha dan bersemangat memperbaiki dirinya

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, maka kenapa semangat memperbaiki diri harus ada di setiap insan manusia di bumi ini. Jangan sampai kita-nya merasa sudah baik, jadi semangat menuntut ilmunya hilang, semangat belajarnya sirna, dan semangat meningkatkan kapasitas dirinya tak ada.

That’s all guys lima hal yang bisa buat hati aku klepek2. See you besok pada tema2 writing challenge berikutnya.

Day 4 : Write About Someone Who Inspires You

Memasuki hari ke-4 November,

Kali ini aku harus nulis tentang seseorang yang menginspirasi banged buat aku. Basicnya sih banyak ya orang2 yang nginspirasi banged. Cuma mungkin disini aku bakal ceritain salah satunya.

Well langsung saja akhir-akhir ini memang aku sering kagum sama guru ngaji aku, sebut saja dia Bunga (hasyah :v). Beliau ini masih muda, umurnya sekitar 3 tahun diatasku, sudah berkeluarga punya 1 anak, S1 dan S2 nya satu almamater dengan aku (sebut saja UGM). Nah beliau ini dulu pemandu pesantren mahasiswa putri di Asma Amanina, jaman itu saya ketemu mbak nya pasa saya masih nyantri di Asrama itu, tahun berapa yak. Kalau ga salah inget pertama kali ketemu tahun 2012 apa yak. Sayangnya ga lama kemudian mbak nya ini dipinang sama seseorang, nikah deh mereka, dan mbak nya udah ga jadi pemandu lagi di pesantren, diculik sm suaminyaaaaa :'(. Tapi tapi alhamdulillah banged pas aku merantau ke sekitaran ibu kota ini, aku ketemu sm mbak nya terus akunya bisa ngaji sm mbak nya. Ye ye ye. Aku bahagia.

Mbak Bunga ini (bukan nama sebenarnya ya) orangnya kalem enggak, tp galak juga enggak. Definisinya mungkin agak susah aku deskripsikan disini, tapi yang pasti Mbak Bunga ini asiiik banged orangnya, pengetahuannya luas banged, baik pengetahuan agama maupun issue2 yang berkembang saat ini, orangnya juga gahol, tegas, ngerti banged keadaan anak seumuran aku (bah anak! elu udah nikah kaleee atik. udah bukan anak2 lagi -_- yaudah ganti deh orang seumuran saya). Terus-terus mbak ini keibuan, taat sama suami, pedakwah sejati, apa adanya, dan selalu berkeinginan untuk mengupgrade kapasitas dirinya. Wuih positif semua kan ya? Iya nih sampe kadang aku gabisa sebutin sisi buruknya si mbak ini. Hampir semuanya positif. Semoga istiqomah mbak nya ya.

Satu hal lagi yang buat aku kagum dari mbak nya, kalo kami ngaji, terkadang mbaknya itu belum nyiapain materi secara matang, tapi Masyaallah kalo udah time nya beliau tranfser materi ke kita, lancar tak ada hambatan, macam mbak nya itu udah nyiapi materi itu dengan baik, cara penyampaiannya pun lugas jelas dan mudah diterima hati dan logika kita2. Jyaaan betul betul asik kalo denger beliau ini bicara, sampe kadang aku sama temen-temen ngaji melongo sendiri terus lupa nyatet di buku ngaji. Hahahahaha. Jadi kadang aku sampai ngerekam suara si mbak nya kalo lagi nyampein materi. Biar ga ketinggalan asiknya mbak nya kalo pas cerita.

Gitu deh, sekilas tentang mbak Bunga, semoga mbak Bunga selalu diberi kesehatan, diberi kelancaran rezeki, diberikan umur yang panjang, dan diberikan keturunan yang banyak. Yang solih dan solihat semuanya, bermanfaat untuk umat. Berdoa juga nih mbak nya sekarang lagi hamil jalan 3 bulan loh. Kita doain yuk semoga debay nya sehat, mbaknya sehat sampai proses persalinan nanti. Aamiin.Allah ya Rabb, kapan ya aku bisa jadi kaya mbak nya gitu, semoga terus tetap menginspirasi orang mbak!! SEMANGAT.